Sabtu, 29 November 2014

HERPIC , Sunlight dan telur



Hasil Pengamatan
Saat harpic dimasukan kedalam botol sebagai HCL, terdapat gelembung-gelembung busa dan muncul gelembung kecil dari cangkang telur ( CaCO3). Sunlight ( pengurang tegangan permukaan dimasukkan gelembung yang dihasilkan semakin banyak, menimbulkan busa yang perlahan mulai naik ke permukaan botol, lalu perlahan-lahan sebagian cangkang ikut naik ke permukaan botol.Semakin lama, busa semakin naik ke permukaan. Didasar botol yang terdapat cangkang telur, ada gumpalan kecil.Selama 10 menit terjadi buih yang naik sampai kepermukaan hingga buih keluar dari botol.Setelah beberapa saat, cangkang telur terangkat kepermukaan air, sebagian juga ikut terbawa bersama buih yang keluar dari botol air mineral. Setelah 30 menit kemudian, lama kelamaan busa mulai mengendap kedasar botol, sehingga busa mengalami penurunan kembali ke permukaan air pada awal kedaan semula. Sebagian ada cangkang yang terapung dan ada yang ikut turun kedasar botol. Gumpalan-gumpalan yang terapung semakin berkurang, karena mengendap kedasar bersama cangkang telur.Ditepi botol terdapat gelembung-gelembung udara yang saling berdekatan.
Hari kedua
Setelah terjadi reaksi, gelembung-gelembung udara yag berada ditepi botol, gumpalan-gumpalan yang terapung, dan cangkang ikut berkurang. Warna air menjadi hijau muda, terjadi gumpalan garam,  lama kelamaan mengendap didasar botol. Gelembung-gelembung yang berada ditepi botol juga ikut berkurang. Warna pada cangkang akan memudar bila dipegang. Reaksi berhenti membentuk garam, air dan gas CO2.
Reaksi
 CaCO3(s) + 2HCl(aq) ---> CaCl2(s) + H2O(l) + CO2(g)
adalah reaksi asam yang menhasilkan garam air CO2 . Garam terlihat dari endapan yang ada di bawah. Air yang digunakan jika di ukur dengan teliti bertambah beberapa juga terlihat saat menjadi gelembung.CO2 bergabung dengan H2O pada mulanya yang terlihat sebagai busa. Dan secara perlahan terurai menjadi gas dan air sehingga tidak nampak lagi busa dalam botol. CaCl2 terlihat dari endapan halus didasar botol (bukan cangkang telur) sebagai garam yang dihasilkan dari reaksi.  Sedangkan sisa cangkang yang masih ada itu merupakan sisa dari reaksi yang tidak terurai karen a HCl yang digunakan kurang. Dan  Sunlight sebagai pengurang tegangan permukaan berguna mengurangi reaksi yang ada agar tidak cepat bereaksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Suka-Suka Gendux - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger