Rabu, 10 April 2013

Trik SBMPTN

Pintar saja belum cukup untuk lulus SBMPTN. Perlu strategi agar dapat memasuki PTN favorit melalui SBMPTN. Salah satunya adalah bagaimana menyelesaikan soal-soal secara cepat dan benar. Tipe pilihan pada soal SNMPTN tidak semuanya berbentuk pilihan jamak (A, B, C, D, dan E), tapi ada juga soal yang berbentuk sebab-akibat dan soal pilihan 1, 2, 3, dan 4. Untuk bentuk soal yang terakhir ini ada tips agar penyelesaiannya menjadi lebih cepat.
Berikut ini saya kutip petunjuk untuk tipe soal yang jawabannya berbentuk pilihan 1, 2, 3, dan 4.
Jika soal berbentuk pilihan 1, 2, 3, dan 4 maka pilihlah:
(A) Jika pernyataan 1, 2, dan 3 benar
(B) Jika pernyataan 1 dan 3 benar
(C) Jika pernyataan 2 dan 4 benar
(D) Jika pernyataan 4 saja yang benar
(E) Jika semua pernyataan benar
Langkah terpendek untuk menjawabnya adalah sebagai berikut:
  • Cek kebenaran untuk pernyataan 4. Jika ini benar berarti kemungkinan pilihannya (C), (D), atau (E). Namun apabila pernyataan 4 salah, kemungkinan pilihannya adalah (A) atau (B). Untuk itu, lanjutkan dengan mengecek kebenaran pernyataan 2.
  • Cek kebenaran pernyataan 2. Apabila pernyataan 4 dan 2 benar, maka kemungkinan pilihannya (C) atau (E). Apabila pernyataan 4 benar sedangkan pernyataan 2 salah, sudah pasti pilihannya adalah (D). Apabila 4 salah sedangkan 2 benar, kemungkinan jawabannya adalah (A) atau (B). Apabila pernyataan 4 dan 2 keduanya salah, maka sudah pasti jawabannya (B). Masih perlu cek sekali lagi pernyataan 1 atau 3 (salah satu saja).
  • Cek pernyataan 1 atau 3 (salah satu saja). Apabila 4, 2, (1 atau 3) benar, maka sudah pasti pilihannya (E). Apabila 4 benar, 2 benar, (1 atau 3) salah, sudah pasti jawabannya (C). Apabila 4 salah, 2 benar, (1 atau 3) benar, sudah pasti jawabannya (A).
Mungkin bagi Kamu yang kreatif, ada cara yang lebih sederhana lagi. Boleh dishare di sini kalau Kamu punya cara lain.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Suka-Suka Gendux - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger