Senin, 29 April 2013

Bingung Memilih Jurusan ( bagai mana dengan Fisika)

- 16 komentar

diawali dari kebingungan menentukan pilihan masa depan yang lebih baik
setelah tamat dari jenjang sekolah menengah atas, berkeinginan melanjutkan kejenjang perguruan tinggi,ada pertanyaan besar dalam pikiran ..... jurusan apakah yang dipilih ? sesuai selera atau kemampuan atau bakat bakat atau malah mengikuti anjuran orang tua???
bagaimana dengan jurusan FISIKA ?

FISIKA ADALAH ILMU UNIVERSAL,FISIKA TIDAK HANYA BERKUTAT DI REAKTOR NUKLIR, PARTIKEL, GELOMBANG. SEKARANG FISIKA SUDAH MASUK KE ERA BARU.
"FISIKA ADALAH ILMU MASA DEPAN."
SIAPA YG MENGUASAI FISIKA BEARTI MENGUASAI MASA DEPAN,,ITU YANG DI KATAKAN DOSEN SAYA... "TERNYATA BENAR,,,"YOU CAN DO EVERYTHING U THINK"

Masalah pemilihan jurusan itu tergantung minat anda dimana, jangan takut dengan bayang2 atau kata2 orang lain ?

Jurusan Fisika tidak selalu menjadi dosen, atau kerjaan yang berhubungan dengan pendidikan jika anda tidak berminat ber-career di academic.
JIka anda memilih program study Instrumentasi elektronik Fisika UIN, setelah lulus anda bisa bekerja di bidang Instrumentasi & control di perusahaan-perusahaan seperti Foxboro, Yokogawa, ABB, dan perusahaan yang mensupply peralatan untuk factory automation atau process automation, atau kontraktor seperti Toyo, Rekayasa Industry, IKPT, dll. Sedangkan jika anda tertarik bekerja di pabrik2. anda bisa menjadi instrumentasi engineer, seperti pabrik kimia, oil dan gas, pupuk, petrokimia, dll.

Sedangkan jika anda ambil jurusan Geofisika, anda bisa bekerja di perusahaan Minyak atau perusahaan konsultan yang mengolah data seismic. Begitu juga jika anda ambil program study Material science, anda bisa bekerja di bidang anda. Jadi semuanya tergantung minat anda.



Yang penting adalah minat anda dimana, dan menjalaninya dgn sunguh2. Banyak orang lulusan S1 di Indonesia tidak bekerja sesuai bidangnya, disebabkan krn keterbatasan informasi atau bisa juga krn minatnya berubah.. Yang penting adalah cara berpikir anda selama kuliah bisa digunakan dimanapun anda bekerja.

.

Menurut saya, program pendidikan di jurusan fisika, pada umumnya kurikulumnya tidak dituntut untuk menyiapkan mahasiswa ke dunia kerja dengan profesi yang pasti. Melainkan, jurusan fisika mengajarkan sekelompok ilmu/keterampilan/ skill/knowledge. Jadi jurusan fisika itu tipenya 'keilmuan'. Sifat seperti ini sebenarnya bukan monopoli jurusan fisika: Jurusan2 semacam sastra, ilmu politik, ilmu ekonomi, bahkan ilmu komputer (pure Computer Science yang kental matematikanya) juga bersifat seperti ini.

Jurusan semacam kedokteran, teknik, ilmu pertanian, akuntansi, informatika (Software Engineering) : program pendidikannya memang diarahkan untuk ke jalur profesi, jadi tipenya 'keprofesian' .

Pada praktek implemetasi kurikulumnya, di tiap universitas, ada overlap antara 'keilmuan' dengan 'keprofesian' , namun kadarnya berbeda-beda. Beberapa jurusan fisika di Indonesia membuka jalur peminatan yang mengarah ke profesi seperti fisika medis, geofisika eksplorasi, instrumentasi, untuk menambah kadar 'keprofesian' dalam program pendidikannya. Jadi masuk ke jurusan fisika tidak berarti hilang sama sekali kesempatan untuk berkonsentrasi ke program pendidikan yang mengarah ke profesi.


Saya akan merekomendasikan masuk fisika untuk 2 tipe siswa:

- pertama, mereka yang ingin mengarah ke profesi, tapi juga ingin mempelajari fisika sebagai pengetahuan. dalam hal ini fisika bisa memberikan pendidikan berimbang antara 'keilmuan' fisika dengan 'keprofesian' di bidang fisika terapan.

- kedua, jelas bagi mereka yang ingin melanjutkan karir di bidang fisika sebagai peneliti atau ilmuwan. meski sebenarnya kesempatan inipun tidak tertutup untuk mereka yang berlatar belakang profesi. bbrp rekan saya sekarang, cukup banyak yang latar belakangnya elektro, mesin, atau komputer, dan sekarang mereka sama-sama memburu Higgs boson dengan saya.




Kalau MIPA Fisika dibagi menjadi beberapa Sub Jurusan Lagi (Instrumentasi dan Kontrol, Material, Nuklir, Biofisika, Fisika Bumi, Komputasi, Theory).
Instrumentasi dan Kontrol
otomatis kita kerja di perusahaan-perusaha an yang berkaitan dengan instrumentasi, karena semua perusahaan butuh orang instrumentasi.
Material 
 Banyak perusahaan-perusaha an multinasional yang mencari orang-orang material, dan di luar negeri Fisika Material sangat diminati.
Fisika Bumi 
Jelas, perusahaan oil and gas multinasional bakalan mencari orang-orang fisika bumi.
Komputasi 
 Banyak orang fisika yang ditarik untuk bekerja di perusahaan-perusaha an pembuatan software sekelas IBM.
Nuklir 
 Bekerja di perusahaan pembuatan nuklir power plant (Toshiba, Mitsubishi, Siemens, lembaga penelitian di dunia, dll).
Biofisika 
 Bekerja di perusahaan pembuatan alat-alat kedokteran, rumah sakit, atau peneliti.
Theory
Bekerja di lembaga-lembaga penelitian.

Selain itu, mahasiswa Fisika dituntut untuk paham paling tidak tentang instrumentasi kontrol dan komputasi. Pengalaman walaupun saya orang fisika nuklir, tapi baru-baru ini saya mendapat tawaran kontrak untuk menjadi programer disalah satu perusahaan multinasional di Norway.



Kalau Fisika Bumi dan Geofisika MIPA sebenarnya berbeda..... Geofisika MIPA sudah dilebur bersama Teknik Geofisika (FTML).

Sekarang saya jelaskan antara Teknik Geofisika (FTML) dengan Fisika (Kelompok keahlian Fisika Bumi/ Fisika Sistem Kompleks) (MIPA).
Kalau Teknik Geofisika adalah salah satu jurusan dari FTML, tapi kalau Fisika Bumi adalah salah satu kelompok keahlian dari Fisika MIPA.

Kalau mau masuk ke Fisika Bumi, USMPTN-nya daftar Fisika MIPA.
Sebenarnya pekerjaanya hampir mirip antara Fisika Bumi dan Teknik Geofisika. Tapi Secara teknis/ lapangan orang Teknik geofisika lebih jago. Kalau secara analisis, theori orang fisika bumi lebih jago. Yang membuat alat-alat untuk praktikum atau pengambilan sampel kebumian (software atau hardware) adalah anak Fisika bumi....

Fisika Bumi yang membuat alat, teknik geofisika yang menggunakannya. Keduanya sangat berprospek cerah.


apa mungkin kesenangan fisika bakal mengarah ke hilir yang sama,.
tapi kalau kita lihat cerita ketiga ilmuwan yang menelurkan teori model standard (kalo ga salah), saya dapet cerita ini dari Pak Terry Mart (Seminar "Ayat - ayat Semesta" di FMIPA-UIN), bahwa dari ketiganya malah semakin menguatkan apa yang mereka jadikan pegangan selama ini. Yang Islam (Abdus Salam) semakin Islam dan yang Yahudi (salah satu dari 2-Glashow or Weinberg) semakin Yahudi,.
Jadi, "sufisika" itu bisa dibilang hidayah (-hadiah)bukan?



baca juga
cara menentukan jurusan (bingung milih jurusan)
[Continue reading...]

Sabtu, 27 April 2013

Program pendidikan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

- 0 komentar
Program pendidikan yang diselenggarakan UIN Sunan Kalijaga antara lain:
  1. Program Diploma (D3)
  2. Program Sarjana (S1) Reguler
  3. Program Sarjana (S1) Mandiri
  4. Program Magister Reguler
  5. Program Magister Khusus Mandiri (Non Reguler)
  6. Program Doktor by Course
  7. Program Doktor by Research


DIPLOMA
FAKULTAS ADAB DAN ILMU BUDAYA
Perpustakaan dan Informasi Islam (PII) / D3

SARJANA
FAKULTAS ADABDAN ILMU BUDAYA
Bahasa dan Sastra Arab (BSA)
Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI)
Ilmu Perpustakaan (IP)
Perpustakaan dan Informasi Islam (PII) / D3
Sastra Inggris (SI)
FAKULTAS DAKWAH
Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Konsentrasi:
1. Broadcasting
2. Jurnalistik
Bimbingan dan Konseling Islam (BKI)
Konsentrasi:
1. Konseling Islam pada Keluarga dan Masyarakat
2. Konseling Islam pada Sekolah/Madrasah
Pengembangan Masyarakat Islam (PMI)
Manajemen Dakwah (MD)
Konsentrasi:
1. Manajemen Sumber Daya Manusia
2. Manajemen Lembaga Keuangan Islam
Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS)
FAKULTAS SYARI'AH DAN HUKUM
Al-Ahwal al-Syakhsiyyah(AS) /Hukum Keluarga Islam
Perbandingan Mazhab & Hukum (PMH)
Jinayah Siyasah (JS)/Hukum Pidana & Tata Negara Islam
Mu’amalat (MU)/Hukum Perdata & Bisnis Islam
Keuangan Islam (KUI)
Ilmu Hukum (IH)
FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
Pendidikan Agama Islam (PAI)
Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
FAKULTAS USHULUDDIN, STUDI AGAMA, DAN PEMIKIRAN ISLAM
Aqidah dan Filsafat (AF)
Perbandingan Agama (PA)
Tafsir dan Hadis (TH)
Sosiologi Agama (SA)
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
Matematika (MAT)
Fisika (FIS)
bidang minat :
a. geofisika
b. astrofisika
c. matrial
d. atom inti
e. elektro dan instrumentasi
Kimia (KIM)
Biologi (BIO)
Teknik Informatika (TINF)
Teknik Industri (TIND)
Pendidikan Matematika (PMAT)
Pendidikan Kimia (PKIM)
Pendidikan Biologi (PBIO)
Pendidikan Fisika (PFIS)
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
Psikologi (PSI)
Sosiologi (SOS)
Ilmu Komunikasi (IKOM)
Konsentrasi:
1. Public Relations
2. Advertising
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
1. Ekonomi Syari’ah
2. Perbankan Syari’ah

MAGISTER DAN DOKTOR
MAGISTER
Agama dan Filsafat (AF)
Konsentrasi:
1. Filsafat Islam (FI)
2. Studi Al-Qur’an dan Hadis (SQH)
3. Ilmu Bahasa Arab (IBA)
4. Studi Agama dan Resolusi Konflik (SARK)
5. Tahqiq al-Kutub (TK)
6. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Pendidikan Islam (PI)
Konsentrasi:
1. Pemikiran Pendidikan Islam  (PPI)
2. Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam (MKPI)
3. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
4. Pendidikan Agama Islam (PAI)
5. Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Hukum Islam (HI)
Konsentrasi:
1. Hukum Keluarga (HK)
2. Hukum Bisnis Syariah (HBS)
3. Keuangan Perbankan Syariah (KPS)
4. Studi Politik dan Pemerintahan Islam (SPPI)
Interdisciplinary Islamic Studies (IIS)
Konsentrasi:
1. Pekerjaan Sosial (PS)
2. Ilmu Perpustakaan dan Informasi (IPI)
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Pendidikan Guru Raudlatul Athfal (PGRA)
DOKTOR
Studi Islam (SI)
Konsentrasi:
  1. Studi Islam
  2. Ekonomi Syari’ah
  3. Sejarah Kebudayaan Islam
  4. Kependidikan Islam
[Continue reading...]

Senin, 22 April 2013

Sistem Pemilu di Indonesia dan Peluang Money Politic

- 1 komentar
Sistem Pemilu di Indonesia.Pemilu merupakan sarana langsung bagi masyarakat yang cukup usia untuk berpartisipasi dalam memengaruhi pengambilan keputusan. Tahapan proses pemilu antara lain penetapan daftar pemilih, tahap pencalonan kandidat, tahap kampanye, tahap pemungutan serta penghitungan suara, dan hasil perolehan suara sehingga kita dapat menentukan kandidat yang terpilih. Sistem pemilu di Indonesia harus sesuai dengan prinsip pemilu yang bebas, langsung, jujur, adil dan rahasia. Sistem pemilu 2010 dapat dijadikan acuan penilaian sistem pemilu di Indonesia saat ini, sistem pemilu tahun lalu ini dapat pula dijadikan pedoman untuk mewujudkan sistem pemilu mendatang yang lebih baik dengan cara menilai dan mengevaluasi. Penilaian sistem pemilu ini dapat di lihat dari berbagai sudut pandang yaitu kondisi sosial ekonomi, kondisi lembaga-lembaga politik, proses pemungutan suara, proses pemilihan kepala daerah, tatacara pemilihan, tingkah laku masyarakat dalam memilih, partisipasi perempuan dalam partai politik, pendapat masyarakat mengenai demokrasi, dan munculnya masalah-masalah baru dalam pemilu. Kandidat yang maju telah diseleksi sebelumnya karena harus memenuhi pesyaratan dan kriteria sesuai peraturan yang berlaku.
Sistem pemilu  saat ini merencanakan banyak pemilu kepala daerah sehingga dalam melakukan proses pemungutan suara diperlukan informasi dan tatacara pemilu yang efektif kepada masyarakat luas. Masyarakat Indonesia pada umumnya telah mampu mengikuti proses pemilu dan menghormati hasil pemilu, namun pemilu di Indonesia masih banyak menghadapi kendala-kendala dalam pelaksanaannya. Kendala utama dalam pemilu yaitu pemberian informasi kepada masyarakat mengenai proses-proses utama dalam pemilihan kepala daerah. Perlunya peningkatan informasi kepada masyarakat mengenai proses pemilu yang penting seperti informasi para kandidat, proses pencalonan kandidat, proses penghitungan suara sampia calon terpilih, kampanye pemilu yang dilakukan, cara masyarakat mendaftar diri sebagai pemilih, tatacara yang tepat manandai surat suara, dan dimana serta kapan kita harus memilih. Kurangnya informasi penting mengenai proses pemilihan ini harus segera ditangani secara serius karena hal ini sifatnya mutlak harus dimengerti oleh masyarakat yang memilih dalam pemilu. Maka sebaiknya pembenahan dari dasar oleh pemerintah harus segera dilakukan misalnya pendidikan dan pemberian informasi yang lengkap terhadap masyarakat sebagai pemilih. Televisi juga bisa dijadikan sarana efektif dalam penyampaian informasi pemilu, namun lebih efektif lagi apabila diiringi dengan pemberian informasi melalui pendidikan formal mengenai proses pemilu tersebut. Pemberian pendidikan proses pemilu harus memperhatikan latarbelakang masyarakat yang bervariasi agar informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu di perlukan sumber informasi seperti brosur, iklan di media cetak/internet, surat-surat melalui pos, kampanye iklan di radio, poster, debat/dialog kandidat pemilu dll. 
Kepercayaan masyarakat kepada lembaga-lembaga yang berwenang dalam proses pemilu  merupakan faktor penting dalam pelaksanaan pemilu, sehingga diperlukan peran lembaga-lembaga pemilu yang efektif dan mampu menjaga nama baiknya. Tingkat kepercayaan masyarakat pula harus di dukung oleh anggota lembaga-lembaga pemilu yang memiliki keahlian mengatasi masalah-masalalah pemilu dan mampu bersikap adil dengan tidak memihak salah satu partai politik. Masyarakat pada umumnya mengajukan usulan jangka waktu tunggu 5 tahun bagi mantan anggota komisi pemilu untuk dapat menjadi anggota partai politik, hal ini merupakan antisipasi karena ditakutkan hubungan anggota yang akrab antara komisi pemilu dengan anggota partai menimbulkan persekongkolan negatif. Prinsip pemilu yang bebas, langsung, jujur, adil dan rahasia," yang mengandung makna bahwa lembaga-lembaga pemilu harus bertindak netral dan transparan dalam proses pemilu. Kandidat-kandidat pada pemilu ini melakukan proses kampaye yang merupakan bentuk publikasi kepada masyarakat dan untuk memengaruhi masyarakat supaya memilih kandidat tersebut.
Hal utama yang harus dilakukan pemilih yaitu memastikan namanya ada dalam daftar pemilih, namun pada umumnya telah ada petugas pemilu yang mendatangi tiap rumah untuk mendata. Daftar pemilih harus akurat sehingga masyarakat harus menunjukkan dokumen sah yaitu kartu pemilih dan KTP  agar proses pemilu berjalan dengan efektif. Pada  praktek pemilihan, masyarakat akan dihadapkan pada prosedur pemilihan  yaitu cara melakukan pengecekan daftar pemilih, dan cara menandai kartu suara secara benar. Hal tersebut mutlak harus dimengerti oleh masyarakat, namun real-nya masih banyak masyarakat yang belum paham dalam melakukan prosedur itu. Masyarakat juga mengalami kebingungan karena cara untuk menandai surat suara selalu berubah dari satu pemilu ke pemilu yang lain dan kurangnya informasi mengenai perubahan tersebut. Maka lembaga-lembaga pemilu harus mulai memusatkan perhatian dalam pemberian informasi yang tepat terhadap masyarakat untuk menyelesaikan masalah prosedur ini. 
Reformasi pemilu mengenai bertambahnya partisipasi kaum perempuan sebagai calon dalam pesaingan partai politik mendapat dukungan masyarakat pada umumnya. Reformasi ini didukung oleh terbukanya pandangan politik dalam persamaan perlakuan jender, mulai adanya kesadaran bahwa partisipasi kaum perempuan  kurang sekali dalam jabatan politik, dan perlu partisipasi perempuan pada perjanjian-perjanjian internasional. Reformasi pemilu juga terjadi pada Keputusan Mahkamah Konstitusi sebelum Pemilu 2009 yang menghasilkan keputusan untuk merubah cara pemilihan sebelumnya menjadi pemilihan daftar terbuka, sehingga pemilih memiliki wewenang untuk menentukan pilihan calon pada daftar partai yang akan menduduki jabatan jika partainya menang. Sistem pemilu di Indonesia mengalami berbagai permasalahan-permasalah, salah satunta permasalahan kekerasan dalam pemilu. Sistem pemilu yang terbuka ini mengakibatkan persaingan antara sesame kandidat dan antara para pendukung partai/kandidat tersebut. Diperlukannya pengamanan yang ketat oleh pihak berwajib supaya tidak terjadi kekerasan pada saat proses pemilu.
Kelemahan Sistem Pemilu yang Memberikan Peluang Money Politic
Money politic (politik uang) merupakan uang maupun barang yang diberikan untuk menyoggok atau memengaruhi keputusan masyarakat agar memilih partai atau perorangan tersebut dalam pemilu, padahal praktek  money politic merupakan praktek yang sangat bertentangan dengan nilai demokrasi.Lemahnya Undang-Undang dalam memberikan sanksi tegas terhadap pelaku money politic membuat praktek money politic ini menjamur luas di masyarakat. Maraknya praktek money politic ini disebabkan pula karena lemahnya Undang-Undang dalam mengantisipasi terjadinya praktek tersebut. Padahal praktek money politic ini telah hadir dari zaman orde baru tetapi sampai saat ini masih banyak hambatan untuk menciptakan sistem pemilu yang benar-benar anti money politic.  Praktek money politic ini sungguh misterius karena sulitnya mencari data untuk membuktikan sumber praktek tersebut,  namun ironisnya praktek money politic ini sudah menjadi kebiasaan dan rahasia umum di masyarakat. Real-nya Sistem demokrasi pemilu di Indonesia masih harus banyak perbaikan, jauh berbeda dibandingkan sistem pemilu demokrasi di Amerika yang sudah matang. Hambatan terbesar dalam pelaksanaan pemilu demokrasi di Indonesia yaitu masih tertanamnya budaya paternalistik di kalangan elit politik. Elit-elit politik tersebut menggunakan kekuasaan dan uang untuk melakukan pembodohan dan kebohongan terhadap masyarakat dalam mencapai kemenangan politik. Dewasanya, saat ini banyak muncul kasus-kasus masalah Pilkada yang diputuskan melalui lembaga peradilan Mahkamah Konstitusi (MK) karena pelanggaran nilai demokrasi dan tujuan Pilkada langsung. Hal itu membuktikan betapa terpuruknya sistem pemilu di Indonesia yang memerlukan penanganan yang lebih serius. Masyarakat yang kondisi ekonominya sulit dan pengetahuan politiknya masih awam akan mejadi sasaran empuk para pelaku praktek money politik.  
 Pelaku praktek money politic ini tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dalam menjalankan prakteknya tersebut, sehingga setelah dia menerima kekuasaan maka terjadi penyelewengan kekuasaan seperti eksploitasi APBD, kapitalisasi kebijakan, dan eksploitasi sumber daya yang ada sebagai timbal-balik atas biaya besar pada saat pelaku money politik itu melakukan kampaye.Perlunya penafsiran ulang mengenai keputusan Mahkamah Konstitusi dalam menyelesaikan masalah-masalah di pemilu yang terkadang menyalahi aturan UU yang berlaku. Calon-calon dalam pemilu pasti melakukan kampanye, kampaye ini memerlukan dana yang tidak sedikit. Banyak pihak-pihak yang membantu pendanaan dalam melakukan kampanye suatu partai atau perorangan, namun hal ini terkadang bisa di sebut suatu penyuapan politik. Pihak-pihak yang memberikan pendanaan biasanya mengharapkan imbalan setelah partai atau perorangan tersebut terpilih dan memegang kekuasaan. Misalnya, anggota legislative yang terpilih tersebut membuat peraturan Undang-Undang yang memihak pada pihak-pihak tertentu khususnya pihak yang mendanai partai atau perorangan dalam kampanye tersebut. Dalam pemilu banyak aksi money politic yang dapat memengaruhi hasil pemilu karena aturan yang tidak tegas bahkan petinggi negara seperti badan legislative, eksekutif, dan yudikatif beberapa diantaranya bisa di suap sehingga petinggi negara yang memiliki kekuasaan tersebut dengan mudah dapat menetapkan kebijakan-kebijakan atau melakukan kecurangan yang menguntungkan pihak yang memiliki banyak uang tesebut.
 
Solusi Mengatasi Money Politic
Kita sebagai masyarakat harus ikut berpartisipasi untuk mengkaji keputusan Mahkamah Konstitusi dalam menyelesaikan kasus-kasus pemillu agar tidak menyimpang dari peraturan hukum yang berlaku. Calon-calon pada pemilu juga harus komitmen untuk benar-benar tidak melakukan praktek money politik dan apabila terbukti melakukan maka seharusnya didiskualifikasi saja. Bentuk Undang-Undang yang kuat untuk mengantisipasi terjadinya money politic dengan penanganan serius untuk memperbaiki bangsa ini, misalnya membentuk badan khusus independen untuk mengawasai calon-calon pemilu agar menaati peraturan terutama untuk tidak melakukan money politic. Sebaiknya secara transparan dikemukan kepada publik sumber pendanaan kampaye oleh pihak-pihak yang mendanai tersebut. Transparan pula mengungkapkan tujuan mengapa mendanai suatu partai atau perorangan, lalu sebaiknya dibatasi oleh hukum mengenai biaya kampanye agar tidak berlebihan mengeluarkan biaya sehingga terhindar dari tindak pencarian pendanaan yang melanggar Undang-Undang. Misalnya, anggota legislative yang terpilih tersebut membuat peraturan Undang-Undang yang memihak pada pihak-pihak tertentu khususnya pihak yang mendanai partai atau perorangan dalam kampanye tersebut.
Meningkatkan kesadaran masyarakat merupakan indikator penting untuk  memudarkan berkembangnya praktek money politic  karena sebagian besar masyarakat hanya memikirkan keuntungan sendiri tanpa menyadari efek yang timbul di masa depan. Praktek money politic dapat menghancurkan masa depan negara ini karena praktek money politic ini akan cukup menguras keuangan suatu partai atau perorangan yang mencalonkan diri pada pemilu sehingga setelah terpilih di pemilu akan memicu niat untuk tindak  korupsi. Para pelaku praktek money politic ini memanfaatkan situasi perekonomian rakyat yang semakin sulit sehingga masyarakat jangan mudah tergiur dengan keuntungan yang diterima sementara ini. Calon pemimpin yang melakuan money politic tentu tidak berlaku jujur sehingga sebagai masyarakat yang cerdas jangan mau di pimpin oleh seseorang yang budi pekertinya tidak baik. Sadarilah apabila kita salam memilih pemimpin akan berakibat fatal karena dapat menyengsarakan rakyatnya. Sebaiknya pemerintah mengadakan sosialisasi pemilu yang bersih dan bebas money politc kepada masyarakat luas agar tingkat partisipasi masyarakat dalam demokrasi secara langsung meningkat. Perlu keseriusan dalam penyuluhan pendidikan politik kepada masyarakat dengan penanaman nilai yang aman, damai, jujur dan kondusif dalam memilih. Hal tersebut dapat membantu menyadarkan masyarakat untuk memilih berdasarkan hati nurani tanpa tergiur dengan praktek money politic yang dapat menghancurkan demokrasi. Pemerintah juga harus lebih giat memberikan sosialisasi kepada kandidat yang akan di pilih oleh rakyat untuk mengutamakan moralitas politik sehingga dapat berlaku jujur dengan tidak melakukan praktek money politic.
·         Sumber-sumber :
[Continue reading...]

Jumat, 19 April 2013

Ujian Tulis Dihapus, Bagaimana Cara Daftar SNMPTN 2013?

- 2 komentar

Rani Hardjanti
Foto : dailymail.co.uk
Foto : dailymail.co.uk
JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menghapus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013. Jalur masuk inilah yang membuat beda pelaksanaan SNMPTN tahun depan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pelaksanaan pada 2013, hanya dilakukan melalui dua cara, yakni jalur undangan dan jalur mandiri. Namun, peserta yang ikut dalam SNMPTN tetap sama, yakni semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2013. Hanya saja, peserta SNMPTN yang ikut ujian adalah yang lolos kualifikasi oleh pihak sekolah. Sementara kalau melalui jalur mandiri, biaya kuliahnya lebih mahal dari jalur reguler.

Untuk mengikuti SNMPTN, harus melalui 2 (dua) tahap, yaitu pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan pendaftaran. Berikut penjelasannya, seperti dikutip Okezone, Kamis (27/11/2012).

Pengisian PDSS

1. Kepala sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.

2. Kepala sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan untuk melakukan verifikasi.

3. Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh kepala sekolah.

4. Bagi siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Pendaftaran Jalur Mandiri
1.  Siswa pelamar, menggunakan NISN dan password, yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

2. Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan. Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

3. Kepala Sekolah harus memberi rekomendasi kepada siswa yang sudah mendaftar SNMPTN.

4. Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.

5. Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
(rhs)
[Continue reading...]

Rabu, 10 April 2013

SAHABAT

- 5 komentar
Arti sahabat sangat luas bila di artikan satu per satu, ada yang mengartikan sahabat adalah seseorang yang dapat menyimpan rahasia sesama sahabat walaupun suatu saat persahabatannya sedang mengalami kerenggangan, ada juga yang mengartikan bahwa sahabat adalah seseorang yang dapat memberikan dukungan, semangat dalam menjalani kehidupan serta nasehat, dan masih banyak lagi arti sahabat menurut masing-masing pribadi seseorang, makanya postingan ini aku buat untuk pertanyaan para sahabat blogger dimanapun berada.




Mungkin para sahabat berbeda denganku dalam mengulas arti sahabat tersebut, silahkan memberikan penjelasan arti "sahabat" menurut pribadi kalian masing-masing!!!

[Continue reading...]

SBMPTN 2013

- 0 komentar
Secara umum, soal-soal SBMPTN diracang tidak jauh berbeda dari tahun ke tahun. Tidak sedikit mata ujian yang pola soalnya mirip dengan soal-soal yang telah ada. Namun, tidak sedikit dari beberapa teman kita terkadang salah dalam belajar soal-soal snmptn ini, yang patut diingat, SBMPTN sama sekali bukan ulangan harian sekolah, yang biasanya kita ketahui dengan pasti cara pengerjaan soalnya sesuai teori yang diberikan. Namun, cara penyelesaian soal snmptn, lebih kepada ide peserta ketika pertamakali menghadapi soal tersebut. Yang terpenting adalah bagaimana menguasai setiap konsep dalam tiap butir soal snmptn. Pasalnya, soal-soal yang terlihat sulit di SBMPTN tulis, seringkali hanya karena kita tidak paham bagaimana melihatnya dari sudut yang lebih sederhana.
Banyak teman kita yang ketika melihat soal-soal yang cukup kompleks, mereka cenderung menghindar, padahal, bisa saja soal sejenis pernah mereka kerjakan, namun karena kurangnya penguasaan konsep tiap soal, maka gagalah soal itu untuk bisa ia kerjakan. Oleh karena itu, pengusasaan konsep dari pasal-pasal snmptn sangat penting untuk kita kuasai. Sesuai dengan judul di atas, admin akan sedikit berbagi bagaimana cara mempelajari soal-soal snmptn sesuai dengan karekteriskitnya masing-masing:
- Kemampuan Dasar -
1. Matematika Dasar
Mungkin, ini adalah salah satu mata pelajaran yang memiliki nilai standar rata-rata nasional yang cukup tinggi. Yang jelas, mata pelajaran mat-das ini adalah kesempatan besar bagi peserta snmptn untuk memperoleh poin maksimal di SBMPTN hari pertama. Patut diperhatikan, dalam mengerjakan soal mat-das seperti ini, terkadang bukan rumus yang kita pergunakan, tapi bagaimana kita mentrnsformasikan visualisasi dari soal-soal mat-das dalam bentuk persamaan matematika yang lebih umum.
2. Bahasa Indonesia
Mengenai mapel yang satu ini, Aku tidak bisa bicara banyak mengenai tips mengerjakan soal-soalnya. Namun, jikalau bisa, Anda harus menguasai beberapa topik yang sering muncul dalam mata pelajaran ini. Contohnya; kutipan langsung, kalimat utama, daftar pustaka, dll. Hal ini akan sangat membantu apabila muncul beberapa jenis soal yang sudah kita kuasai konsepnya. Paling tidak, anda bisa memastikan angka lebih di mapel ini.
3. Bahasa Inggris
Sejak tahun 2010, mata pelajaran ini selalu dihiasi teks-teks panjang berbahasa inggris dan kita disuruh mencari suatu jawaban berdasarkan tulisan tersebut. Tahun 2010 dan 2011 pun boleh dikatakan tidak keluar aturan grammar untuk ujian mata pelajaran ini. Oleh karena itu, perlu kira kuasai kemampuan membaca teks cepat dengan menandai bagian-bagian penting dari teks tersebut (annotating text). Yang pasti, usahakan sebelum membaca artikelnya, kita melihat dulu hal yang dipermasalahkan dalam soal.
- Kemampuan IPA -
1. Matematika IPA
Untuk mata pelajaran ini, hanya sedikit tips yang bisa admin sarankan mengingat bentuk tiap soalnya yang relatif sangat kompleks. Yang pasti, matematika ipa berfokus pada subjek pelajaran yang notabene-nya tidak dipelajari di ips. Kunci dalam mengerjakan soal-soal ini adalah penguasaan dalam materi-materi yang berkaitan dengan fungsi, teknik integrasi/diferensiasi dan interpretasi dari setiap persamaan matematika. Tidak lupa, penguasaan fungsi trigonometri jadi faktor penting juga dalam menghadapi soal-soal ini.
2. Kimia
Jika kita bicara materi pelajaran kimia SMA, jelas soal-soal yang ada tidak akan terlepas dari konsep mol, dimana, secara sederhana mol diartikan sebagai satuan kuantitatif untuk partikel sejumlah bilangan avogadro. Beberapa poin penting dari materi ini juga terkait dengan persamaan reaksi kimia dan dinamikanya, juga konsep sifat-sifat unsur dalam sistem periodik.
3. Fisika
Banyak yang berasumsi bahwa salah satu mata pelajaran yang paling sulit di snmptn adalah fisika, ya, admin sendiri sulit untuk manafikan hal ini. Tapi, admin punya tips sederhana dalam mengerjakan soal-soal fisika snmptn yang berbasis konsep ini. Pertama, analisa dimensi, sederhananya, kita harus tahu satuan apa yang diketahui dan satuan apa yang ditanyakan, jika hal ini sudah kita kuasai, ada baiknya kita tahu juga faktor-faktor konstanta yang mungkin ada dalam perhitungannya. Kedua, interpretasi soal yang baik, artinya, kita harus tahu cerita yang dipermasalahkan dalam soal dan bagaimana fenomenanya secara nyata, hal ini penting untuk mempermudah kita dalam menganalisa hukum-hukum apa saja yang berlaku dalam satu soal itu.
4. Biologi
Khusus untuk mata pelajaran ini, admin sarankan untuk belajar dari soal-soal tahun lalu saja dan pahami konsep tiap butir soalnya. Alasannya, jika kita belajar dari awal bahan-bahan biologi SMA, ini akan sangat menguras waktu kita dalam persiapan menghadapi snmptn. Selain itu, patut kita kuasai kosakata umum yang sering dijadikan isilah dalam biologi, misal; fag(makan), lisis(pecah/hancur), dermis(kulit) dll.
Kira-kira, itulah yang bisa admin berikan perihal tips sederhana dalam menghadapi soal-soal snmptn, khususnya soal-soal snmptn IPA. Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa meninggalkan komentar di artikel ini jika ada yang patut ditambahkan atau dikoreksi. Semoga dapat membantu teman-teman sekalian yang sedang mempersiapkan mengikuti SNMPTN 2013 jalur Ujian Tulis.
[Continue reading...]

Trik SBMPTN

- 0 komentar
Pintar saja belum cukup untuk lulus SBMPTN. Perlu strategi agar dapat memasuki PTN favorit melalui SBMPTN. Salah satunya adalah bagaimana menyelesaikan soal-soal secara cepat dan benar. Tipe pilihan pada soal SNMPTN tidak semuanya berbentuk pilihan jamak (A, B, C, D, dan E), tapi ada juga soal yang berbentuk sebab-akibat dan soal pilihan 1, 2, 3, dan 4. Untuk bentuk soal yang terakhir ini ada tips agar penyelesaiannya menjadi lebih cepat.
Berikut ini saya kutip petunjuk untuk tipe soal yang jawabannya berbentuk pilihan 1, 2, 3, dan 4.
Jika soal berbentuk pilihan 1, 2, 3, dan 4 maka pilihlah:
(A) Jika pernyataan 1, 2, dan 3 benar
(B) Jika pernyataan 1 dan 3 benar
(C) Jika pernyataan 2 dan 4 benar
(D) Jika pernyataan 4 saja yang benar
(E) Jika semua pernyataan benar
Langkah terpendek untuk menjawabnya adalah sebagai berikut:
  • Cek kebenaran untuk pernyataan 4. Jika ini benar berarti kemungkinan pilihannya (C), (D), atau (E). Namun apabila pernyataan 4 salah, kemungkinan pilihannya adalah (A) atau (B). Untuk itu, lanjutkan dengan mengecek kebenaran pernyataan 2.
  • Cek kebenaran pernyataan 2. Apabila pernyataan 4 dan 2 benar, maka kemungkinan pilihannya (C) atau (E). Apabila pernyataan 4 benar sedangkan pernyataan 2 salah, sudah pasti pilihannya adalah (D). Apabila 4 salah sedangkan 2 benar, kemungkinan jawabannya adalah (A) atau (B). Apabila pernyataan 4 dan 2 keduanya salah, maka sudah pasti jawabannya (B). Masih perlu cek sekali lagi pernyataan 1 atau 3 (salah satu saja).
  • Cek pernyataan 1 atau 3 (salah satu saja). Apabila 4, 2, (1 atau 3) benar, maka sudah pasti pilihannya (E). Apabila 4 benar, 2 benar, (1 atau 3) salah, sudah pasti jawabannya (C). Apabila 4 salah, 2 benar, (1 atau 3) benar, sudah pasti jawabannya (A).
Mungkin bagi Kamu yang kreatif, ada cara yang lebih sederhana lagi. Boleh dishare di sini kalau Kamu punya cara lain.
[Continue reading...]

BB Vs Android

- 0 komentar
Bicara mengenai BlackBerry vs Android,
Siapa yang tak kenal BlackBerry, gadget berteknologi tinggi yang kini hampir menguasai pasar smartphone di Indonesia, Research in motion (RIM) sebagai vendor resmi BlackBerry mengklaim bahwa 15% penggunanya berasal dari Indonesia, lebih dari 7 juta penduduk di negara yang memiliki pangsa pasar terbaik di Asia Tenggara ini meggunakan BlackBerry Massager dalam kesehariannya, di kamar mandi, di tempat tidur, di meja makan bahkan dalam meeting penting di kantor-kantor, tangan-tangan lentik komunitas ini tak henti-hentinya merangkai kata, hanya nyetir yang bisa menghentikan para pecinta chatting dari kegiatan BBM-an.
Lain halnya dengan para pengguna Android yang dari segi kuantitas masih sedikit di banding pengguna BlackBerry, hanya kalangan tertentu saja yang biasanya senang ngotak-ngatik applikasi nge-games dan browsing yang menggunakan layanan berlambang robot ijo ini, lalu apa sebenarnya kekurangan dan kelebihan dari kedua teknologi ini.


Perbandingan BlackBerry vs Android


Dari segi feature BackBerry memiliki push email dan BlackBarry Massager yang sudah sangat digemari orang-orang yang suka gaul, meskipun Android juga punya applikasi sejenis seperti LiveProfile atau WhatsApp Messeger tapi BBM jauh lebih populer dan dianggap gaya, dan katanya tingkat security nya pun lebih baik karena memliliki server yang dikelola sendiri.

Dari segi handheld Android menyediakan banyak pilihan dari yang murah dan sederhana sampai yang high-end dan harganya selangit, berbagai merk smartphone sudah menggunakan system operasi ini sehingga pengguna lebih leluasa menentukan pilihannya sesuai kocek yang ada, sementara BlackBerry tidak seperti itu meskipun memiliki banyak versi.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa Android berbasis open sources yang memungkinkan para developer untuk mengembangkan banyak applikasi yang diperlukan oleh para penggunanya termasuk game-game menarik yang setiap saat bisa di download dari Google Play.

Pada akhirnya semuanya diserahkan pada anda selaku pengguna smartphone, bagi yang senang gaul dan chatting ada baiknya menggunakan BBM nya BlackBerry yang handal dan memiliki komunitas yang luas, sementara bagi anda yang senang nge games dan ngoprek applikasi, pertimbangkan untuk memakai handset yang berkualitas tinggi namun murah yang menggunakan Android sebagai system operasinya.

Bagi yang memiliki pandangan serta pengalaman lain tentang BlackBerry VS Android silakan berkomentar.

Semoga bermanfaat.
[Continue reading...]

Masyarakat Madani

- 0 komentar


Pengertian Masyarakat Madani

Masyarakat Madani adalah masyarakat yang beradab, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, serta masyarakat yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Itu tadi pengertian umum dari masyarakat madani, berikut ini ada beberapa pengertian masyarakat madani menurut para ahli :
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, masyarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung tinggi norma, nilai-nilai, dan hukum yang ditopang oleh penguasaan teknologi yang beradab, iman dan ilmu.
  • Menurut Syamsudin Haris, masyarakat madani adalah suatu lingkup interaksi sosial yang berada di luar pengaaruh negara dan model yang tersusun dari lingkungan masyarakat paling akrab seperti keluarga, asosiasi sukarela, gerakan kemasyarakatan dan berbagai bentuk lingkungan komunikasi antar warga masyarakat.
  • Menurut Nurcholis Madjid, masyarakat madani adalah masyarakat yang merujuk pada masyarakat Islam yang pernah dibangun Nabi Muhammad SAW di Madinah, sebagai masyarakat kota atau masyarakat berperadaban dengan ciri antara lain : egaliteran(kesederajatan), menghargai prestasi, keterbukaan, toleransi dan musyawarah.
  • Menurut Ernest Gellner, Civil Society atau Masyarakat Madani merujuk pada mayarakat yang terdiri atas berbagai institusi non pemerintah yang otonom dan cukup kuat untuk dapat mengimbangi Negara.
  • Menurut Cohen dan Arato, Civil Society atau Masyarakat Madani adalah suatu wilayah interaksi sosial diantara wilayah ekonomi, politik dan Negara yang didalamnya mencakup semua kelompok-kelompok sosial yang bekerjasama membangun ikatan-ikatan sosial diluar lembaga resmi, menggalang solidaritas kemanusiaan, dan mengejar kebaikan bersama (public good).
  • Menurut Muhammad AS Hikam, Civil Society atau Masyarakat Madani adalah wilayah-wilayah kehidupan sosial yang terorganisasi dan bercirikan antara lain kesukarelaan (voluntary), keswasembadaan (self-generating), keswadayaan (self-supporing),dan kemandirian yang tinggi berhadapan dengan negara, dan keterikatan dengan norma-norma dan nilai-nilai hukum yang diikuti oleh warganya.
  • Menurut M. Ryaas Rasyid, Civil Society atau Masyarakat Madani adalah suatu gagasan masyarakat yang mandiri yang dikonsepsikan sebagai jaringan-jaringan yang produktif dari kelompok-kelompok sosial yang mandiri, perkumpulan-perkumpulan, serta lembaga-lembaga yang saling berhadapan dengan negara.
Sedangkan Masyarakat Madani dalam Islam bisa kalian baca dibawah ini.
Istilah masyaakat madani itu sebenarnya merujuk pada masyarakat Islam yang pernah dibangun nabi Muhammad di negeri Madinah. Perkataan Madinah dalam bahasa arab dapat dipahami dari dua sudut pengertian. Pertama, secara konvensional kata madinah dapat bermakna sebagai “kota”, dan kedua, secara kebahasaan dapat berarti “peradaban”; mskipun di luar ata “madaniyah” tersebut, apa yang disebut peradaban juga berpadanan dengan kata “tamaddun” dan “hadlarah”.

Sebelumnya, apa yang dikenal sebagai kota madinah itu adalah daerah yang bernama Yatsrib. Nabi-lah yang kemudian mengubah namanya menjadi Madinah, setelah hijrah ke kota itu. Perubahan nama Yatsrib menjadi Madinah pada hakikatnya adalah sebuah proklamasi untuk mendirikan dan membangun masyarakat berperadaban di kota itu. Dasar-dasar masyarakat madani inilah, yang tertuang dalam sebuah dokumen “Piagam Madinah” yang didalamnya menyangkut antara lain wawasan kebebasan, terutama di bidang agama dan ekonomi, tanggung jawab social dan politik, serta pertahanan, secara bersama.

Di kota Madinah-lah, Nabi membangun masyarakat berperadaban berlandaskan ajaran Islam, masyarakat yang bertaqwa kepada Ketuhanan Yang Maha Esa. Semangat ketaqwaan yang dalam dimensi vertical untuk menjamin hidup manusia, agar tidak jatuh hina dan nista.

Nah, penjelasan mengenai pengertian masyarakat madani sudah kita bahas, sekarang kita bahas ciri-ciri dari masyarakat madani itu sendiri.

Ciri-Ciri Masyarakat Madani

  1. Menjunjung tinggi nilai, norma, dan hukum yang ditopang oleh iman dan teknologi.
  2. Mempunyai peradaban yang tinggi ( beradab ).
  3. Mengedepankan kesederajatan dan transparasi ( keterbukaan ).
  4. Free public sphere (ruang publik yang bebas)
  5. Ruang publik yang diartikan sebagai wilayah dimana masyarakat sebagai warga negara memiliki akses penuh terhadap setiap kegiatan publik, warga negara berhak melakukan kegiatan secara merdeka dalam menyampaikan pendapat, berserikat, berkumpul serta mempublikasikan pendapat, berserikat, berkumpul serta mempublikasikan informasi kepada publik.
  6. Demokratisasi
  7. Menurut Neera Candoke, masyarakat sosial berkaitan dengan wacana kritik rasional masyarakat yang secara ekspisit mensyaratkan tumbuhnya demokrasi., dalam kerangka ini hanya negara demokratis yang mampu menjamin masyarakat madani. Demokratisasi dapat terwujud melalui penegakkan pilar-pilar demokrasi yang meliputi : 1) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) 2) Pers yang bebas 3) Supremasi hokum 4) Perguruan Tinggi 5) Partai politik
  8. Toleransi
  9. Toleransi adalah kesediaan individu untuk menerima pandangan-pandangan politik dan sikap sosial yang berbeda. Toleransi merupakan sikap yang dikembangkan dalam masyarakat madani untuk menunjukan sikap saling menghargai dan menghormati pendapat serta aktivitas yang dilakukan oleh orang atau kelompok masyarakat yang lain yang berbeda.
  10. Pluralisme
  11. Pluralisme adalah sikap mengakui dan menerima kenyataan disertai sikap tulus bahwa masyarakat itu majemuk. Kemajemukan itu bernilai positif dan merupakan rahmat tuhan.
  12. Keadilan Sosial (Social justice)
  13. Keadilan yang dimaksud adalah keseimbangan dan pembagian yang proporsional antara hak dan kewajiban setiap warga dan negara yang mencakup seluruh aspek kehidupan.
  14. Partisipasi sosial
  15. Partisipasi sosial yang benar-benar bersih dari rekayasa merupakan awal yang baik bagi terciptanya masyarakat madani. Partisipasi sosial yang bersih dapat terjadi apabila tersedia iklim yang memunkinkan otonomi individu terjaga.
  16. Supermasi hukum
  17. Penghargaan terhadap supermasi hukum merupakan jaminan terciptanya keadilan, keadilan harus diposisikan secara netral, artinya tidak ada pengecualian untuk memperoleh kebenaran di atas hukum.
[Continue reading...]

Gombal apa Jujur

- 0 komentar
Cowo: Yank…? Kamu tau ngga perbedaan antara pesawat sama kamu?

Cewe: Ngga :DD

Cowo: Klo pesawat mendaratnya di bandara, klo km mendarat di hatiku, ehemmm… ;)

Cewe: Ea Ea Ea…Gomballlllllllllllllllllllllllll………….!!!

Well, Seiring dengan aktivitas komunikasi yang semakin intens, terutama melalui social media menyebabkan runtuhnya sekat - sekat atau batasan - batasan antara komunikator dengan komunikan.  Runtuhnya sekat - sekat ini juga berarti pergeseran makna kata dalam penyampaian.

Hal ini mungkin dapat diibaratkan makan coklat. Enak, tapi karena keseringan rasanya menjadi membosankan. Begitu pula dengan kejujuran orang dalam memuji yang semakin lama semakin sering dan semakin kreatif yang akhirnya sering dimaknai sebagai gombalan.

Kita ambil contoh yang sederhana, misalnya Budi mengucapkan “Kamu Cantik” kepada teman perempuan saya. Kemudian teman saya tersebut  merespon dengan kalimat, “Ah gombal“. Lantas saya bertanya - tanya dalam hati, kok dibilang gombal?

Ada beberapa alasan mengapa teman perempuan saya itu berfikir kalau Budi sedang menggombal:

1. Dalam budaya orang Indonesia tidak terbiasa memuji atau menerima pujian secara spontan.

2. Dia takut ke-gr-an.

3. Berfikir kalau orang memuji pasti ada maunya.

4. Tidak yakin atau tidak nyaman dengan dirinya (ngga PD)

Sebenarnya untuk membedakan antara jujur memuji dengan gombal ini dapat dilihat dari komposisi kata dan maknanya. Semakin panjang kalimat dari pujian ini memiliki kecenderungan ekspresif atau gombal.  Dan kepada berapa banyak orang kalimat pujian ini diucapkan.

Semakin banyak diucapkan, maka kalimat pujian ini semakin rendah harganya. Namun akan berbeda apabila kalimat pujian ini ditujukan kepada 1 orang terus menerus.  Ini mengindikasikan bahwa memang ada kekaguman tersendiri kepada seseorang tersebut, terlebih lagi apabila kalimat pujian ini juga diucapkan kepada orang ketiga ketika seseroang tersebut sedang tidak ada.
[Continue reading...]

Kartini

- 0 komentar
Raden Adjeng Kartini adalah seseorang dari kalangan priyayi atau kelas bangsawan Jawa, putri Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat, bupati Jepara. Ia adalah putri dari istri pertama, tetapi bukan istri utama. Ibunya bernama M.A. Ngasirah, putri dari Nyai Haji Siti Aminah dan Kyai Haji Madirono, seorang guru agama di Telukawur, Jepara. Dari sisi ayahnya, silsilah Kartini dapat dilacak hingga Hamengkubuwana VI.
Ayah Kartini pada mulanya adalah seorang wedana di Mayong. Peraturan kolonial waktu itu mengharuskan seorang bupati beristerikan seorang bangsawan. Karena M.A. Ngasirah bukanlah bangsawan tinggi, maka ayahnya menikah lagi dengan Raden Adjeng Woerjan (Moerjam), keturunan langsung Raja Madura. Setelah perkawinan itu, maka ayah Kartini diangkat menjadi bupati di Jepara menggantikan kedudukan ayah kandung R.A. Woerjan, R.A.A. Tjitrowikromo.
Kartini adalah anak ke-5 dari 11 bersaudara kandung dan tiri. Dari kesemua saudara sekandung, Kartini adalah anak perempuan tertua. Kakeknya, Pangeran Ario Tjondronegoro IV, diangkat bupati dalam usia 25 tahun. Kakak Kartini, Sosrokartono, adalah seorang yang pintar dalam bidang bahasa. Sampai usia 12 tahun, Kartini diperbolehkan bersekolah di ELS (Europese Lagere School). Di sini antara lain Kartini belajar bahasa Belanda. Tetapi setelah usia 12 tahun, ia harus tinggal di rumah karena sudah bisa dipingit.
Karena Kartini bisa berbahasa Belanda, maka di rumah ia mulai belajar sendiri dan menulis surat kepada teman-teman korespondensi yang berasal dari Belanda. Salah satunya adalah Rosa Abendanon yang banyak mendukungnya. Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah.
Kartini bersama suaminya, R.M.A.A. Singgih Djojo Adhiningrat (1903).
Kartini banyak membaca surat kabar Semarang De Locomotief yang diasuh Pieter Brooshooft, ia juga menerima leestrommel (paket majalah yang diedarkan toko buku kepada langganan). Di antaranya terdapat majalah kebudayaan dan ilmu pengetahuan yang cukup berat, juga ada majalah wanita Belanda De Hollandsche Lelie. Kartini pun kemudian beberapa kali mengirimkan tulisannya dan dimuat di De Hollandsche Lelie. Dari surat-suratnya tampak Kartini membaca apa saja dengan penuh perhatian, sambil membuat catatan-catatan. Kadang-kadang Kartini menyebut salah satu karangan atau mengutip beberapa kalimat. Perhatiannya tidak hanya semata-mata soal emansipasi wanita, tapi juga masalah sosial umum. Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas. Di antara buku yang dibaca Kartini sebelum berumur 20, terdapat judul Max Havelaar dan Surat-Surat Cinta karya Multatuli, yang pada November 1901 sudah dibacanya dua kali. Lalu De Stille Kraacht (Kekuatan Gaib) karya Louis Coperus. Kemudian karya Van Eeden yang bermutu tinggi, karya Augusta de Witt yang sedang-sedang saja, roman-feminis karya Nyonya Goekoop de-Jong Van Beek dan sebuah roman anti-perang karangan Berta Von Suttner, Die Waffen Nieder (Letakkan Senjata). Semuanya berbahasa Belanda.
Oleh orangtuanya, Kartini disuruh menikah dengan bupati Rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri. Kartini menikah pada tanggal 12 November 1903. Suaminya mengerti keinginan Kartini dan Kartini diberi kebebasan dan didukung mendirikan sekolah wanita di sebelah timur pintu gerbang kompleks kantor kabupaten Rembang, atau di sebuah bangunan yang kini digunakan sebagai Gedung Pramuka.
Sekolah Kartini (Kartinischool), 1918.
Anak pertama dan sekaligus terakhirnya, Soesalit Djojoadhiningrat, lahir pada tanggal 13 September 1904. Beberapa hari kemudian, 17 September 1904, Kartini meninggal pada usia 25 tahun. Kartini dimakamkan di Desa Bulu, Kecamatan Bulu, Rembang.
Berkat kegigihannya Kartini, kemudian didirikan Sekolah Wanita oleh Yayasan Kartini di Semarang pada 1912, dan kemudian di Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah "Sekolah Kartini". Yayasan Kartini ini didirikan oleh keluarga Van Deventer, seorang tokoh Politik Etis.
[Continue reading...]

Vektor dalam Gerak

- 0 komentar
1. Gerak Lurus

ARTI GERAK
-suatu benda dikatakan bergerak manakala kedudukan benda itu berubah terhadap benda lain yang dijadikan sebagai titik acuan.
-benda dikatakan diam (tidak bergerak) manakala kedudukan benda itu tidak berubah terhadap benda lain yang dijadikan sebagai titik acuan

GERAK LURUS
-Gerak benda yang lintasannya lurus dinamakan gerak lurus.
-Gerak lurus suatu benda dalam kehidupan sehari-hari umumnya tidak beraturan.

Gerak lurus dapat dikelompokkan menjadi gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan yang dibedakan dengan ada dan tidaknya percepatan

A. Gerak lurus beraturan
Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus beraturan jika kecepatannya selalu konstan. Kecepatan konstan artinya besar kecepatan alias kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan. Karena besar kecepatan alias kelajuan dan arah kecepatan selalu konstan maka bisa dikatakan bahwa benda bergerak pada lintasan lurus dengan kelajuan konstan.

Grafik Gerak lurus beraturan ...
Grafik sangat membantu kita dalam menafsirkan suatu hal dengan mudah dan cepat. Untuk memudahkan kita menemukan hubungan antara Kecepatan, perpindahan dan waktu tempuh maka akan sangat membantu jika digambarkan grafik hubungan ketiga komponen tersebut.

Grafik kecepatan terhadap waktu









Berdasarkan grafik di atas, tampak bahwa besar kecepatan bernilai tetap pada tiap satuan waktu. Besar kecepatan tetap ditandai oleh garis lurus, berawal dari t = 0 hingga t akhir.


Grafik perpindahan terhadap waktu
Grafik posisi terhadap waktu, di mana posisi awal x0 berhimpit dengan titik acuan nol.












B. gerak lurus berubah beraturan
Suatu benda dikatakan melakukan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) jika percepatannya selalu konstan. Percepatan merupakan besaran vektor (besaran yang mempunyai besar dan arah). Percepatan konstan berarti besar dan arah percepatan selalu konstan setiap saat. Walaupun besar percepatan suatu benda selalu konstan tetapi jika arah percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan. Demikian juga sebaliknya jika arah percepatan suatu benda selalu konstan tetapi besar percepatan selalu berubah maka percepatan benda tidak konstan.






dengan arti dan satuan dalam SI:

* v0 = kecepatan mula-mula (m/s)
* a = percepatan (m/s2)
* t = waktu (s)

2. Gerak melingkar

Besaran-Besaran Fisis da
lam Gerak Melingkar
Dalam gerak lurus mengenal tiga besaran utama yaitu perpindahan (linear), kecepatan (linear) dan Percepatan (linear). Gerak melingkar juga memiliki tiga komponen tersebut, yaitu perpindahan sudut, kecepatan sudut dan percepatan sudut. Pada gerak lurus juga mengenal Gerak Lurus Beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan. Dalam gerak melingkar juga terdapat Gerak Melingkar Beraturan (GMB) dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).
* Perpindahan Sudut
Ada tiga cara menghitung sudut. Cara pertama adalah menghitung sudut dalam derajat (o). Satu lingkaran penuh sama dengan 360o. Cara kedua adalah mengukur sudut dalam putaran. Satu lingkaran penuh sama dengan satu putaran. Dengan demikian, satu putaran = 360o. Cara ketiga adalah dengan radian. Radian adalah satuan Sistem Internasional (SI) untuk perpindahan sudut, sehingga satuan ini akan sering kita gunakan dalam perhitungan.

*Kecepatan Sudut
Dalam gerak melingkar, bagian yang berbeda memiliki kecepatan yang berbeda. Misalnya gerak roda yang berputar. Bagian roda yang dekat dengan poros bergerak dengan kecepatan linear yang lebih kecil, sedangkan bagian yang jauh dari poros alias pusat roda bergerak dengan kecepatan linear yang lebih besar
Pada gerak melingkar, kelajuan rotasi benda dinyatakan dengan putaran per menit (biasa disingkat rpmrevolution per minute). Kelajuan yang dinyatakan dengan satuan rpm adalah kelajuan sudut. Dalam gerak melingkar, kita juga dapat menyatakan arah putaran. misalnya kita menggunakan arah putaran jarum jam sebagai patokan. Oleh karena itu, kita dapat menyatakan kecepatan sudut, di mana selain menyatakan kelajuan sudut, juga menyatakan arahnya (ingat perbedaan kelajuan dan kecepatan, mengenai hal ini sudah Gurumuda terangkan pada Pokok bahasan Kinematika). Jika kecepatan pada gerak lurus disebut kecepatan linear (benda bergerak pada lintasan lurus), maka kecepatan pada gerak melingkar disebut kecepatan sudut, karena benda bergerak melalui sudut tertentu.
Terdapat dua jenis kecepatan pada Gerak Lurus, yakni kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat. Kita dapat mengetahui kecepatan rata-rata pada Gerak Lurus dengan membandingkan besarnya perpindahan yang ditempuh oleh benda dan waktu yang dibutuhkan benda untuk bergerak . Nah, pada gerak melingkar, kita dapat menghitung kecepatan sudut rata-rata dengan membandingkan perpindahan sudut dengan selang waktu yang dibutuhkan ketika benda berputar. Secara matematis kita tulis :




Kecepatan sudut sesaat kita diperoleh dengan membandingkan perpindahan sudut dengan selang waktu yang sangat singkat. Secara matematis kita tulis :



Sesuai dengan kesepakatan ilmiah, jika ditulis kecepatan sudut maka yang dimaksud adalah kecepatan sudut sesaat. Kecepatan sudut termasuk besaran vektor. Vektor kecepatan sudut hanya memiliki dua arah (searah dengan putaran jarum jam atau berlawanan arah dengan putaran jarum jam), dengan demikian notasi vektor omega dapat ditulis dengan huruf miring dan cukup dengan memberi tanda positif atau negatif. Jika pada Gerak Lurus arah kecepatan sama dengan arah perpindahan, maka pada Gerak Melingkar, arah kecepatan sudut sama dengan arah perpindahan sudut.

*Percepatan Sudut
Dalam gerak melingkar, terdapat percepatan sudut apabila ada perubahan kecepatan sudut. Percepatan sudut terdiri dari percepatan sudut sesaat dan percepatan sudut rata-rata. Percepatan sudut rata-rata diperoleh dengan membandingkan perubahan kecepatan sudut dan selang waktu. Secara matematis ditulis :






Percepatan sudut sesaat diperoleh dengan membandingkan perubahan sudut dengan selang waktu yang sangat singkat. Secara matematis ditulis :





3 .Gerak lurus dan gerak melingkar
Dalam gerak melingkar, arah kecepatan linear dan percepatan linear selalu menyinggung lingkaran. Karenanya, dalam gerak melingkar, kecepatan linear dikenal juga sebagai kecepatan tangensial dan percepatan linear disebut juga sebagai percepatan tangensial.
Hubungan antara Perpindahan Linear dengan Perpindahan sudut
Pada gerak melingkar, apabila sebuah benda berputar terhadap pusat/porosnya maka setiap bagian benda tersebut bergerak dalam suatu lingkaran yang berpusat pada poros tersebut. Misalnya gerakan roda yang berputar atau bumi yang berotasi. Ketika bumi berotasi, kita yang berada di permukaan bumi juga ikut melakukan gerakan melingkar, di mana gerakan kita berpusat pada pusat bumi. Ketika kita berputar terhadap pusat bumi, kita memiliki kecepatan linear, yang arahnya selalu menyinggung lintasan rotasi bumi.

Perhatikanlah gambar di bawah ini.









ketika benda berputar terhadap poros O, titik A memiliki kecepatan linear (v) yang arahnya selalu menyinggung lintasan lingkaran.
Hubungan antara perpindahan linear titik A yang menempuh lintasan lingkaran sejauh x dan perpindahan sudut teta (dalam satuan radian), dinyatakan sebagai berikut :


Di mana r merupakan jarak titik A ke pusat lingkaran/jari-jari lingkaran.
Hubungan antara Kecepatan Tangensial dengan Kecepatan sudut










4. Gerak parabola (gerak peluru)
Pengertian Gerak Peluru
Gerak peluru merupakan suatu jenis gerakan benda yang pada awalnya diberi kecepatan awal lalu menempuh lintasan yang arahnya sepenuhnya dipengaruhi oleh gravitasi.
Karena gerak peluru termasuk dalam pokok bahasan kinematika (ilmu fisika yang membahas tentang gerak benda tanpa mempersoalkan penyebabnya), maka pada pembahasan ini, Gaya sebagai penyebab gerakan benda diabaikan, demikian juga gaya gesekan udara yang menghambat gerak benda. Kita hanya meninjau gerakan benda tersebut setelah diberikan kecepatan awal dan bergerak dalam lintasan melengkung di mana hanya terdapat pengaruh gravitasi.
Mengapa dikatakan gerak peluru ? kata peluru yang dimaksudkan di sini hanya istilah, bukan peluru pistol, senapan atau senjata lainnya. Dinamakan gerak peluru karena mungkin jenis gerakan ini mirip gerakan peluru yang ditembakkan.
Jenis-jenis Gerak Parabola
Dalam kehidupan sehari-hari terdapat beberapa jenis gerak parabola.
Pertama, gerakan benda berbentuk parabola ketika diberikan kecepatan awal dengan sudut teta terhadap garis horisontal, sebagaimana tampak pada gambar di bawah. Dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak gerakan benda yang berbentuk demikian. Beberapa di antaranya adalah gerakan bola yang ditendang oleh pemain sepak bola, gerakan bola basket yang dilemparkan ke ke dalam keranjang, gerakan bola tenis, gerakan bola volly, gerakan lompat jauh dan gerakan peluru atau rudal yang ditembakan dari permukaan bumi.
[Continue reading...]

Selasa, 09 April 2013

Cara Kerja Paru-Paru

- 0 komentar

 
 
 
 
 
Paru - paru adalah salah satu organ pernafasan manusia. Paru - Paru terletak di rongga dada dan diatas diafragma, dilindungi oleh tulang dada dan tulang rusuk. Paru - paru  berfungsi untuk mengambil oksigen dari udara melalui proses pernafasan. Bila dijelaskan secara singkat, cara kerja paru - paru adalah bila kedua paru - paru mengembang, maka itu berarti oksigen masuk ke paru - paru dan bila kedua paru - paru mengempis, maka itu berarti karbondiaoksida keluar dari paru - paru.
 
Cara kerja pari - paru manusia sangat berhubungan erat dengan hidung, laring, Trakea, serta bronkus. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai organ-organ pernafasan tersebut:
* Hidung ---> merupakan saluran pernafasan paling awal dan terletak paling atas. terdapat 2 rongga pada hidung manusia yang dipisahkan oleh otot yang berfungsi sebagai sekat
 
* Laring ---> tersusun atas tulang rawan dan terdapat selaput suara yang akan bergetar saat kita mengeluarkan suara
 
* Trakea ---> memiliki saluran bercabang dua yang disebut bronkus dan berhubungan langsung dengan paru - paru. Dilapisi oleh selaput lendir dan sel - sel yang bersilia yang berfungs untuk menahan debu masuk bersama udara supaya tidak terus masuk ke paru - paru
 
* Bronkus ---> menghubungkan trakea dengan paru - paru. Paru - paru kanan dan kiri masing - masing memiliki satu bronkus. Bronkus memiliki cabang yang disebut bronkiolus dan terdapat di dalam paru-paru
 
Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara kerja paru - paru manusia:
 
  • Jika Oksigen sudah sampai pada bronkus, maka oksigen siap untuk masuk ke dalam saluran paru - paru.
  • Oksigen akan berdifusi lewat pembuluh darah berupa kapiler - kapiler arteri dengan cara difusi. Kapiler - kapiler ini terdapat pada alveolus yang merupakan cabang dari Bronkiolus. Pada alveolus ini akan terjadi pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida.
  • Oksigen diikat oleh hemoglobindalam sel - sel darah merah (eritrosit), lalu diedarkan ke seluruh sel - sel tubuh  yang nantinya akan digunakan oleh mitokondoria alam respirasi tingkat seluler untuk menghasilkan energi berupa ATP (Adenosin Tripospat)
  • Karbondioksida akan dibawa oleh kapiler vena untuk dibawa ke alveolus dan akan dikeluarkan di alveolus melalui proses respirasi.
[Continue reading...]
 
Copyright © . Suka-Suka Gendux - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger